Langsung ke konten utama

apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll). Data yang berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/ software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan mode. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan, atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

Jaringan komputer yang dikenal sebagai sistem koneksi antarnode (komputer) yaitu ada Peer to peer dan Client-Server. Disini saya mengambil salah satu contoh jaringan komputer yang ada di lingkungan saya yakni : Peer to peer Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset, dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer.

Peer to peer adalah suatu model di mana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain. Dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. Metode peer to peer ini pada sistem Windows dikenal sebagai Workgroup, di mana tiap- tiap komputer dalam satu jaringan dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.

Misalnya terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen yang diberi nama group sesuai dengan departemen yang bersangkutan. Masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa saling sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing, seperti printer, cd-rom, file, dan lain-lain. Dibawah ini adalah contoh gambar Peer To Peer.

Image : slideplayer.info

Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN). dan disini saya ingin mengambil salah satu jenis jaringan yang ada di sekitar saya, contohnya seperti Local Area Network (LAN) sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.


Image : indoworx.com

Apa saja Tujuan atau manfaat dari Jaringan Komputer ini?

Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum. Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah :

Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data, bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.

High reliability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya, semua file dapat disalin (back-up) ke semua mesin sehingga bila salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif. Selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bila salah satu CPU tidak dipakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun kinerjanya jadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.

Saving Money (menghemat uang). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10 x lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga mainframe 10 x lebih mahal.
Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja ini menyebabkan para perancang sistem merasa lebih baik membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer kecil (PC).

Manfaat jaringan komputer untuk umum:
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
1. Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita hari ini, info e-goverment, e-commerce atau e-business), semuanya uptodate, 
2. Komunikasi orang ke orang (Person to Person seperti e-mail, chatting, video conferene dil).
3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu dll).

Kesimpulan 

Jaringan komputer merupakan solusi kebutuhan informasi masyarakat, hal ini dapat dilihat dari penggunaan jaringan komputer yang semakin meningkat, baik dalam skala kecil maupun besar. Pengguna layanan ini tidak terbatas pada kalangan tertentu saja tetapi sudah menyebar ke hampir semua pengguna komputer. jaringan komputer yang dikenal sebagai sistem koneksi antarnode (komputer) yakni ada Peer to Peer dan Client-Server. Jaringan komputer dapat diklasifikasikan secara umum yaitu terbagi menjadi 3 jenis yakni ada Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN). Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah Resource sharing, High reliability, dan Saving Money. Adapun Manfaat jaringan komputer untuk umum adalah Access ke informasi yang berada di tempat lain, kita juga bisa Komunikasi orang ke orang, dan kita juga bisa hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu dll).

Referensi : Melwin Syafrizal. 2005. Jaringan Komputer. C.V ANDI OFFSET.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi dan pengalaman

Ada banyak kegiatan yang saya senang lakukan di waktu luang saya. Tapi memasak adalah hobi yang paling saya nikmati. Itu hobi saya. Memasak itu sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri, apalagi ketika saya berhasil membuat resep sendiri dan masakan saya dipuji. Saya memasak itu terutama ketika saya ingin mencoba resep baru atau bahan dan bumbu yang sangat berbeda. Saya tidak tahu persis kapan saya mulai memasak, tapi saya ingat ketika melihat ibu saya memasak. Kadang saya membantu ibu di dapur, seperti memotong bawang, memotong sayur atau menggiling bumbu. Saya belajar cara memasak makanan ringan. Saya sangat bangga ketika keluarga saya mengatakan makanan saya terasa enak. Sejak itu lah memasak adalah menjadi hobi saya. Ini adalah video pengalaman ketika saya healing bersama teman-teman saya, pengalaman ini menurut saya paling susah untuk dilupakan, karena di dalam situ terdapat banyak kenangan terindah yang tidak bisa saya ungkapkan hanya melalui kata-kata.