Langsung ke konten utama

Basis data dalam bisnis jual beli

Apa itu basis data? Database atau basis data di dalam buku Simarmata & Paryudi (2006:1), sebagai berikut :

a. Menurut Stephens dan Plew (2000), adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data.

b. Menurut silberschatz, dkk (2002) mendefenisikan basis data sebagai kumpulan data berisi

informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan. c. Menurut Ramakrishnan dan Gehrke (2003) menyatakan basis data sebagai kumpulan data,

umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan.

d. Menurut McLeod, dkk (2001), adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik

organisasi. Dapat disimpulkan bahwa basis data adalah sebagai kumpulan data, yang umumnya
mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau yang berhubungan dengan kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.

Disini saya akan mencontohkan Basis data pada tabel data penjualan barang selama 1 tahun sebagai berikut:
Referensi : DEDI RAHMAD, dkk. 2013. DESAIN DATABASE SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi dan pengalaman

Ada banyak kegiatan yang saya senang lakukan di waktu luang saya. Tapi memasak adalah hobi yang paling saya nikmati. Itu hobi saya. Memasak itu sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri, apalagi ketika saya berhasil membuat resep sendiri dan masakan saya dipuji. Saya memasak itu terutama ketika saya ingin mencoba resep baru atau bahan dan bumbu yang sangat berbeda. Saya tidak tahu persis kapan saya mulai memasak, tapi saya ingat ketika melihat ibu saya memasak. Kadang saya membantu ibu di dapur, seperti memotong bawang, memotong sayur atau menggiling bumbu. Saya belajar cara memasak makanan ringan. Saya sangat bangga ketika keluarga saya mengatakan makanan saya terasa enak. Sejak itu lah memasak adalah menjadi hobi saya. Ini adalah video pengalaman ketika saya healing bersama teman-teman saya, pengalaman ini menurut saya paling susah untuk dilupakan, karena di dalam situ terdapat banyak kenangan terindah yang tidak bisa saya ungkapkan hanya melalui kata-kata.