Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Website penelusuran artikel

Apa itu website? Menurut Arief (2011a:8) Pengertian Website adalah ”kumpulan dari halaman web yang sudah dipublikasikan di jaringan internet dan memiliki domain/URL (Uniform Resource Locator) yang dapat diakses semua pengguna internet dengan cara mengetikan alamatnya. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW) Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTPS adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Disini saya mencontohkan 2 Perbandingan website-website penelusuran artikel yaitu :

1. Google scrolar 
Image : bintangpustaka.com

Google Scholar adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian artikel ilmiah atau jurnal berupa teks berbagai format publikasi, salah satunya berupa PDF, yang bertujuan agar pengguna lebih mudah mendapatkan ide atau gagasan untuk membuat karya ilmiah yang berkualitas. Google Scholar bisa menghasilkan artikel ilmiah atau jurnal setiap harinya. Dan setiap artikel ilmiah tersebut terdapat kutipan-kutipan dari orangorang yang membuat artikel tersebut yang bisa pengguna gunakan sebagai referensi dalam pembuatan artikel ilmiah atau jurnal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara studi pustaka, dimana data yang sudah ada menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami dan bermanfaat. Dalam metode SWOT salah satunya memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari informasi secara cepat dengan hitungan detik di Google Scholar. Penelitian ini juga menggunakan Flowchart dan Prototype yang menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat dan memiliki gambaran dasar saat pengguna menggunakan Google Scholar tersebut.

2. Mendeley 
Image : kumparan.com

Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu kita mengorganisir publikasi hasil penelitian, menulis skripsi, thesis, desertasi, dan berkolaborasi dengan peneliti lain secara online serta menemukan publikasi penelitian terakhir. Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti. Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian. File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan catatan dengan sticky notes atau highlight. Tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, Open Office atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis. Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam membuat skrips atau laporan kerja praktek serta dapat membantu dalam mencari referensi rujukan penelitian.

Referensi : Nofyat dkk, SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELANGGAN AIR BERBASIS WEBSITE PADA PDAM KOTA TERNATE, Volume 3 Nomor 1 | April 2018.
Ageng Setiani Rafika, Hanifah Yunan Putri, Fitroh Diah Widiarti, Analisis Mesin Pencarian Google Scholar sebagai Sumber Baru untuk Kutipan, Journal Cerita 3(2),193-205,2017.
Siti Qomariah, Andi Yusika Rangan, Eka Arriyanti, BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 2 (1), 95-104, 2022.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi dan pengalaman

Ada banyak kegiatan yang saya senang lakukan di waktu luang saya. Tapi memasak adalah hobi yang paling saya nikmati. Itu hobi saya. Memasak itu sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri, apalagi ketika saya berhasil membuat resep sendiri dan masakan saya dipuji. Saya memasak itu terutama ketika saya ingin mencoba resep baru atau bahan dan bumbu yang sangat berbeda. Saya tidak tahu persis kapan saya mulai memasak, tapi saya ingat ketika melihat ibu saya memasak. Kadang saya membantu ibu di dapur, seperti memotong bawang, memotong sayur atau menggiling bumbu. Saya belajar cara memasak makanan ringan. Saya sangat bangga ketika keluarga saya mengatakan makanan saya terasa enak. Sejak itu lah memasak adalah menjadi hobi saya. Ini adalah video pengalaman ketika saya healing bersama teman-teman saya, pengalaman ini menurut saya paling susah untuk dilupakan, karena di dalam situ terdapat banyak kenangan terindah yang tidak bisa saya ungkapkan hanya melalui kata-kata.