Langsung ke konten utama

MENGGUNAKAN FUNGSI EXCEL

Simbol dan fungsi pada Excel

a. Rumus 
Di dalam sel bisa juga melakukan perhitungan langsung, caranya tik = operasi perhitungan. Misal (=12*72) maka hasil yang tertera di sel tersebut adalah 864
b. Autosum 
1. Klik sel yang akan diisi dengan hasil perhitungan, aktifkan ribbon Formulas pada grup Function Library klik dropdown AutoSum kemudian pilih perhitungan yang diinginkan 
- Penjumlahan (Sum
- perhitungan rata-rata (Average
- Jumlah data satu range (Count Numbers
- Nilai paling rendah (min
- Nilai paling tinggi (Max
2. Sorot (seleksi) range yang akan di hitung, Enter
c. Insert Function 
1. Untuk perhitungan yang lebih rumit bisa menggunakan Insert Fuction, caranya klik ikon Function (Fx) di sebelah kiri Formula Bar atau Pada Ribbon 
Formulas->Function Library->Insert Function 
2. Secara otomatis akan muncul kotak dialog, pilih perhitungan yang diinginkan 
3. Pada kotak dialog Function Argument tulis range (susunan data) yang akan dihitung atau dengan menyelekesi sel dengan menggunkan mouse 
4. Klik OK.
d. Fungsi logika IF 
1. Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argument untuk menghasilkan nilai True atau False
2. Bentuk penulisan logika adalah IF(logical test,value_if_true,value_if_false
- IF adalah fungsi logika 
- Logical test adalah nilai atau ekspresi yang dipakai untuk mengevaluasi benar 
atau salah 
- Value_if_true adalah nilai yang dihasilkan jika evaluasi benar 
- Value_if_false adalah nilai yang dihasilkan jika evaluasi salah 
- Sebagai pembanding anatarargumen gunakan tanda =, >, <, <=, dan >=.
3. Contoh: 
=IF(J5>=8;"baik Sekali" ;IF(J5>=7;"baik";IF
(J5>=6;"cukup";IF(J5>=5;"kurang"))))
e. Fungsi Teks 
1. Fungsi ini digunakan untuk melakukan pengolahan data yang berupa string atau teks, biasanya digunakan untuk kodifikasi (pengkodean) 
2. Beberapa fungsi yang bisa digunakan adalah 
3. Caranya yaitu, seleksi sel yang akan dijadikan kolom kode, masukan formula dengan mengawalinya dengan tanda sama dengan tulis formula, kurung buka, sel data titik koma strink ke berapa (RIGHT (text,num_chars)
4. Contoh =LEFT(B42;1) ->artinya data dari sel B42, ambil huruf pertama dari sebelah Kiri.
Contoh =MID(B42;3;1) ->artinya data dari sel B42, ambil huruf ke-3 sebanyak 1 huruf.
f. Fungsi lookup dan referensi 
1. Fungsi Lookup & Reference adalah untuk mengambil atau membaca informasi dari table lain untuk dijadikan referensi ke dalam table yang sedang dianalisis 
2. Rumus yang harus diisi dalam menggunakan Lookup adalah: 
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num), Apabila data refrensi dalam bentuk kolom (Vertical)

=HLOOKUP (lookup_value,table_array,col_index_
num), Apabila data refrensi dalam bentuk baris (Horizontal)
- =Vlookup atau =Hlookup adalah rumus menggunakan fungsi lookup 
- Lookup_value, adalah nilai yang digunakan sebagai dasar awal melakukan refrensi pada table yang sedang dianalisis 
- Table_Array, adalah rangkaian sel pada table informasi (table yang dipakai untuk mencari informasi) 
- Col_index_num, adalah posisi nomor kolom untuk Vlookup) atau baris untuk Hlookup, yang dipakai untuk pencarian informasi.

Referensi: Created by: M. Rustam. PANDUAN PRAKTIS PELATIHAN KOMPUTER. Microsoft Office Excel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi dan pengalaman

Ada banyak kegiatan yang saya senang lakukan di waktu luang saya. Tapi memasak adalah hobi yang paling saya nikmati. Itu hobi saya. Memasak itu sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri, apalagi ketika saya berhasil membuat resep sendiri dan masakan saya dipuji. Saya memasak itu terutama ketika saya ingin mencoba resep baru atau bahan dan bumbu yang sangat berbeda. Saya tidak tahu persis kapan saya mulai memasak, tapi saya ingat ketika melihat ibu saya memasak. Kadang saya membantu ibu di dapur, seperti memotong bawang, memotong sayur atau menggiling bumbu. Saya belajar cara memasak makanan ringan. Saya sangat bangga ketika keluarga saya mengatakan makanan saya terasa enak. Sejak itu lah memasak adalah menjadi hobi saya. Ini adalah video pengalaman ketika saya healing bersama teman-teman saya, pengalaman ini menurut saya paling susah untuk dilupakan, karena di dalam situ terdapat banyak kenangan terindah yang tidak bisa saya ungkapkan hanya melalui kata-kata.